Petani padi keluhkan irigasi belum di aliri air.




anakrakyatnews.com|Tulang Bawang Barat-Wagimin salah satu petani padi irigasi yang berada di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat( TUBABA) mengeluhkan irigasi yang tidak mengalir sampai saat ini.

Menurut Wagimin diri nya menanam padi dengan cara di tajuk di lahan sawah miliknya seluas 1/2 ha saat musim hujan tiba di tahun sebelumnya.

"Padi ini saya tajuk mas,awal bulan 12 kemarin karena sudah ada ujan" ucap Wagimin Rabu (10/01/2023).

Wagimin yakin saat di bulan Januari seperti biasa irigasi sudah terisi air,namun dirinya juga sangat heran Sampai saat ini belum teraliri air irigasi mereka.

"Biasanya bulan satu ini irigasi sudah teraliri air,tapi ini kok belum ya padi sudah sangat butuh air"jelasnya

Hal serupa pun di alami oleh Sumarno dirinya menerangkan padi yang di semai( penaburan padi untuk di tanam kembali) sampai saat ini belum di tandur karena air belum tercukupi untuk melakukan pengolahan lahan sawah miliknya.

"Saya sudah nyemai harusnya udah tandur mas,tapi belum cukup air untuk melakukan pengolahan lahan"ungkapnya.

Petani sawah irigasi berharap agar mendapatkan kejelasan mengenai terlambatnya air,menurut mereka di daerah rawa sekitar TUBABA sudah mengalami banjir.namun irigasi belum di aliri air sehingga keterlambatan menanam padi mempengaruhi hasil panen mereka.

"Kita denger di daerah rawa-rawa sudah banyak banjir, tapi kok irigasi ngak ngalir, kalau terlambat air panen kita pasti ngak maksimal lah mas".ucap mereka sembari menunjukan wajah cemas.(Sudirman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama